Ternyata Coklat Bisa Mencegah Obesitas lho, ,

Sejak dulu coklat menjadi salah satu kambing hitam pada setiap ‘kasus’ kelebihan berat badan . Hmm, , ternyata anggapan kebanyakan orang selama ini salah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa coklat dapat membantu mencegah obesitas dan diabetes tipe 2. Para ilmuwan menemukan bahwa antioksidan dalam coklat dapat mencegah penambahan berat badan dan membantu menurunkan kadar gula darah. Para peneliti mengatakan ada juga bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsidark chocolate dapat meningkatkan daya berpikir, menurunkan nafsu makan dan menurunkan tekanan darah.
Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa antioksidan dalam coklat dapat mencegah tikus dari kenaikan berat badan dan bahwa hal itu juga menurunkan kadar gula darah mereka. Dr Andrew Neilson dan rekan-rekannya menjelaskan,  hal ini karena kakao, bahan dasar coklat, adalah salah satu  makanan yang paling kaya flavanol . Ini bagus karena flavanols adalah salah satu jenis anti oksidan yang berfungsi  untuk membantu memerangi kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2. Namun, tidak semua flavanols itu menguntungkan dan kandungannya di dalam kakao juga berbeda. Jadi, tim peneliti memutuskan untuk mencoba meneliti kesehatan individu dari flavanols yang berbeda. Para ilmuwan memberi makan kepada beberapa kelompok tikus dengan pola diet yang berbeda, termasuk tinggi lemak dan diet rendah lemak, dan diet tinggi lemak ditambah dengan berbagai jenis flavanols. Mereka menemukan bahwa menambahkan satu set tertentu dari senyawa ini, yang dikenal sebagai procyanidins oligomer (PC), pada makanan  membuat perbedaan besar dalam menjaga berat badan tikus untuk turun jika mereka berada di diet tinggi lemak.
Berita ini dipublikasikan setelah para ilmuwan di Louisiana State University merilis temuan yang menunjukkan bahwa dark chocolate dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Cokelat mengandung flavanol – jenis antioksidan – yang membantu untuk menurunkan kadar gula darah. Coklat juga membantu untuk memerangi kenaikan berat badan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Peneliti Maria Moore mengatakan, “Kami menemukan bahwa ada dua jenis mikroba dalam usus:” baik “dan yang” buruk “yang. “Mikroba yang baik, seperti Bifidobacterium dan bakteri asam laktat, pesta cokelat. “Ketika Anda makan dark chocolate, mereka tumbuh dan fermentasi, menghasilkan senyawa yang anti-inflamasi. ‘ Ini terbentuk secara alami anti-inflamasi memasuki aliran darah dan membantu memprotes jantung dan pembuluh darah dari kerusakan.

Postingan Populer